Program class dengan Dev c++
Sebelum saya menjelaskan tentang bagaimana cara
membuat program tersebut, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai
PROGRAM CLASS.
Saat menggunakan class dengan Dev c++ biasanya kita selalu menemui kata kunci umum yaitu PRIVATE, PUBLIC, dan PROTECTED.
Saat menggunakan class dengan Dev c++ biasanya kita selalu menemui kata kunci umum yaitu PRIVATE, PUBLIC, dan PROTECTED.
=>PRIVATE hanya memberikan hak akses kepada class yang
bersangkutan saja dan data yang diakses oleh class ini tidak dapat diakses
turunannya.
=>PUBLIC memberikan hak akses secara umum kepada class
turunannya maupun diluar lingkungan program.
=>PROTECTED memberikan hak akses kepada turunannya
tetapi tidak mengizinkan lingkungan luar program untuk mengaksesnya.
Syntax dasar class :
class nama_class {
permission_ label_1:
member1;
permission_label_2:
member2;
..................
} nama_object;
atau
class nama_class {
permission_ label_1:
member 1;
permission_label_2:
member 2;
..................
};
Syntax dasar class :
class nama_class {
permission_ label_1:
member1;
permission_label_2:
member2;
..................
} nama_object;
atau
class nama_class {
permission_ label_1:
member 1;
permission_label_2:
member 2;
..................
};
PROGRAM CLASS DENGAN DEV C++ :
CONTOH 1
// classes example
#include<iostream>
class CRectangle {
int x, y;
public:
void set_values (int,int);
int area (void) {return (x*y) ;}
};
void CRectangle ::set_values (int a, int b) {
x = a;
y = b;
}
int main() {
CRectangle rect;
rect.set_values (3,4);
cout<<"Area : "<<rect.area();
return 0;
}
Contoh 1 Program Class dengan Dev C++ yang telah diubah.
CONTOH 1
#include<iostream>
using namespace std;
class hitung //nama class hitung
{ int x,y;
public:// publik
memberikan hak akses untuk turunan dibawahnya
void assign(int,int); // (public member) digunakan untuk mengisi nilai dengan tipe data int
int tambah(){return x+y;}// (pulic member) rumus, dideklarasikan dalam class
int kali() {return x*y;}
};
void hitung ::assign(int a,int b)// tanda scope(::) agar fungsi assign bisa
dideklarasikan diluar class
{x=a;
y=b;
}
main(){
hitung nil;
nil.assign(4,5);// mengisi nilai variable
cout<<"hasil tambah:
"<<nil.tambah()<<endl;// pemanggilan fungsi (public member)
cout<<"hasil kali: "<<nil.kali()<<endl;
return 0;
}
CONTOH 2 PROGRAM CLASS DENGAN DEV C++ :
// classes example
#include<iostream>
class CRectangle {
int x, y;
public:
void set_values (int,int);
int area (void) {return (x*y) ;}
};
void CRectangle ::set_values (int a, int b) {
x = a;
y = b;
}
int main() {
CRectangle rect, rectb;
rect.set_values (3,4);
rectb.set_values (5,6);
cout<<"Rect area : "<<rect.area()<<endl;
cout<<"Rectb area : "<<rectb.area()<<endl;
return 0;
}
sama seperti contoh 1 hanya ditambahkan pembuatan satu objek lagi.
CONTOH 2 PROGRAM CLASS DENGAN DEV C++ YANG SUDAH DIUBAH :
#include<iostream>
using namespace std;
class hitung //nama class hitung
{ int x,y;
public: // publik disini
memiliki hak akses untuk turunan dibawahnya
void assign(int,int); // (public member) digunakan untuk
mengisi nilai dengan tipe data int
int tambah(){return x+y;}// (pulic member) rumus, dideklarasikan dalam class
int kali() {return x*y;}
};
void hitung ::assign(int a,int b)// tanda scope(::) itu maksudnya agar
fungsi assign bisa dideklarasikan diluar class
{x=a;
y=b;
}
main(){
hitung nil_1,nil_2;
nil_1.assign(4,5);// mengisi nilai variable nil_1
nil_2.assign(8,7);// mengisi nilai variable nil_2
cout<<"hasil pertama"<<endl;
cout<<"hasil tambah: "<<nil_1.tambah()<<endl;
cout<<"hasil kali: "<<nil_1.kali()<<endl<<endl;
cout<<"hasil kedua"<<endl;
cout<<"hasil tambah: "<<nil_2.tambah()<<endl;
cout<<"hasil kali: "<<nil_2.kali()<<endl;
return 0;
}
CONTOH 3 PROGRAM CLASS DENGAN DEV C++ :
#include <iostream>
#include <conio.h>
class p_panjang {
public:
int p,l;
int keliling () {
return (2*(p+l));
}
};
main(){
p_panjang a;
a.p = 5;
a.l = 9;
cout<<"keliling : "<<a.keliling ();
getch();
return 0;
}
CONTOH 3PROGRAM CLASS DENGAN DEV C++ YANG SUDAH DIUBAH :
// classes example
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
class lu_persegi { //nama class
kel_persegi
private : // maksud private
ialah tipe data nya tidak boleh diakses diluar class
int p,l;
public :
int lu () {
return (p*l));
}
void beri_nilai(int p_1,int l_1) // fungsi beri_nilai
agar member p dan l tetap bersifat private ,namun nilainya bisa didapat diluar class
{p=p_1,l=l_1;}
};
main(){
lu_persegi a,b;
int q,w;
cout<<"panjang:";cin>>q; // untuk inputan nilai
cout<<"lebar : ";cin>>w;
a.beri_nilai(q,w);
b.beri_nilai(11,5);
cout<<"luas 1 :
"<<a.lu()<<endl; // cetakan kluaran
cout<<"luas 2 :
"<<b.lu();
return 0;
No comments:
Post a Comment